Senin, 10 September 2018

Taman Botani Sukorambi Wisata Alam Paling Lengkap di Jember


Suatu Sore di Taman Botani Sukorambi...
Punya kesempatan menginjakan kaki ke Jember, pastinya adalah satu hadiah terindah, karena saya yakin setiap perjalanan punya ceritanya masing-masing yang kelak akan menjadi kenangan tak terlupakan. 

Jember sendiri merupakan kabupaten di provinsi Jawa Timur, yang terletak diwilayah Tapal Kuda, Jawa Timur. Selain terkenal dengan kota tembakau,  Jember juga terkenal dengan sebutan daerah seribu bukit, karena Jember memiliki banyak bukit, sehingga tak aneh jika Jember memiliki wisata yang sangat lengkap dan menyajikan kecantikan panorama alam yang memikat hati.




Dan, alhamdullilah beberapa waktu yang lalu saya bisa mengunjungi Taman Botani Sukorambi yang sangat hits itu bersama teman-teman Blogger lainnya. Konon Taman Botani Sukorambi ini merupakan wisata alam paling lengkap di Jember, tak hanya menyajikan pemandangan yang indah, tapi juga mengusung konsep rekreasi sambil belajar untuk segala usia. 

Iya, saat teman-teman ke Jember, wajib banget untuk mengunjungi Taman Botani Sukorambi. Karena Taman botani sukorambi merupakan taman wisata alam paling lengkap dan terdekat dari pusat kota Jember, teman-teman membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk sampai disini, selain itu Taman Botani Sukorambi ini mengusung Konsep rekreasi sambil belajar dengan menyajikan aneka ragam koleksi flora, fauna, permainan, wahana dan ada paket wisata yang dapat dinikmati pengunjung segala usia dan sesuai kebutuhan, pantas saja tempat ini tak pernah sepi dari pengunjung. 

Taman Botani Sukorambi ini hadir karena ide dari Bpk. H. Abd. Kahar Muzakir yang membuat sarana Rekreasi alternatif bernuasa alam bagi masyarakat Jember, sekaligus  dapat membantu dunia pendidikan, dengan memberikan Sarana belajar tentang alam dan membantu pemerintah dalam mengajak masyarakat agar sadar lingkungan, tumbuhan dan satwa. Pantesan saja tanah sekitar 12 hektar ini disulap sangat hijau, bebas polusi dan punya banyak paket wisata edukasi yang bikin tambah pintar.

Ada Apa Saja Sih di Taman Botani Sukorambi?

Kebun Edukasi Hidroponik


Mataku memandang kagum kearah jejeran sayur hijau di taman hidroponik, Taman Botani Sukorambi, Jember. “MasyaAllah, punya kebun sayur kaya gini pasti bikin hidup jauh lebih sehat. “ Gumam saya dalam hati. 



Disini, teman-teman bisa menikmati kebun Hidroponik yang sangat hijau dan ditanami segala jenis sayuran yang sangat lengkap, dari kangkung, selada, Siomak, daun mint dan sayuran lainnya. Pokoknya jadi ingin makan sayuran yang ada disini he...he...




Selain bisa menikmati kebun hidronik, teman-teman juga bisa beli sayuran, memetiknya sendiri dan  bisa beli bibitnya loh, wah menarik banget kan, terlebih bisa belajar bagaimana cara menanam sayuran kaya hidroponik gini. Wah menarik banget, terutama buat teman-teman yang tinggal di perkotaan dan ingin hidup sehat menikmati sayuran setiap hari, pastinya hidroponik kaya gini nih yang paling cocok.


Taman Kelinci (Bunny & Friends Village)
Selain Kebun Hidroponik, di Taman Botani Sukorambi juga punya Taman Kelinci yang sangat lengkap. Taman Kelinci ini memiliki banyak jenis kelinci yang cantik dan sehat loh. 

Di Taman Kelinci ini saya banyak belajar bagaimana sih kelinci ini bisa bertahan hidup lebih lama. Maklum saja, saya pernah punya kelinci tapi sering meninggal, sedih banget dan meninggalnya bukan karena saya aniaya ya. Ternyata penyakit yang sering diderita kelinci itu pencernaan dan jantungan, untuk itu kelinci gak bisa kena kaget, untuk makanannya biasanya sayuran dilayukan terlebih dahulu baru diberi makan dan paling penting kelinci itu gak bisa keujanan atau kena air, nanti bisa sakit dan meninggal. 

Melihara kelinci kok repot ya? Sebenarnya sih gak, asalkan teman-teman memahami seluk beluk kelinci lebih dulu. Nah di taman kelinci ini banyak jenis kelinci yang lucu dan menggemaskan loh, mereka terlihat sehat dan sangat aktif. 

Oh iya, kotoran kelinci juga dimanfaatkan untuk menjadi pupuk semua tanaman di Taman Botani Sukorambi loh, benar-benar alami.


Taman KOI

Di Taman Koi ini teman-teman bisa melihat banyak ikan koi dan memberikannya makan, pasti menyenangkan. Ikan Koi ini sangat diminati dan menjadi salah satu hewan kesayangan. Dengan nuansa warna emas atau perak, Konon ikan Koi ini merupakan simbol cinta dan persahabatan. 


Cafe Tebing

Nah, di Taman Botani Sukkorambi ini teman-teman gak usah takut kelaparan, karena disini ada cafe tebing yang sangat instragrambel. Selain menyajikan makanan dan minuman yang enak, cafe tebing ini memiliki keunikan yaitu sebagian lantainya terbuat dari kaca. Wah, buat adu adrenalin bisa cobain deh ke Cafe Tebing. Selain itu dari sini teman-teman bisa menikmati pemandangan alam. 



Area Camp

Nah, di Taman Botani Sukorambi ini teman-teman bisa bermalam loh, bisa camping di area yang sudah disediakan, lebih dekat dengan alam dan pastinya bisa mengenang pas camping zaman sekolah dulu hehe. Pas malamnya, teman-teman juga bisa barbequan dan melepaskan lampion loh. Areanya bersih dan nyaman, terlebih disini disediakan sekitar 36 Kamar mandi loh, selain itu juga ada taman baca.

Rumah Pohon

Udah lama ingin punya rumah pohon, alhamdullilah pas kesini kesampaian buat naik ke rumah pohon. Oh iya disini ada dua rumah pohon yang bisa didatangi loh, lokasinya lumayan tinggi dan dari atas sini bisa melihat pemandangan yang indah banget. Oh iya, buat naik sampai keatas sini butuh perjuangan extra, karena tangganya lumayan curam dan tinggi euy, tapi pas sampai di atas, alhamdullilah terbayar deh perjuangan buat naik hihi.

Kolom Renang

Taman Botani Sukorambi punya 7 mata air yang dimanfaatkan untuk kolam renang. Paling saya suka kolam renang disini itu airnya diambil dari mata air langsung dan bebas kaporit, disini punya beberapa kolam renang untuk anak dan dewasa, letaknya di luar. Tak hanya itu di Taman Botani Sukorambi juga memiliki kolam renang privat khusus muslimah, jadi buat muslimah yang mau berenang gak perlu ragu-ragu lagi, Taman Botani Sukorambi ini memang ngertiin banget deh. 

Foto : @riyardiarisman
Nah, saya paling suka banget sama muslimah privat area ini, tempatnya luas, bersih dan fasilitasnya lengkap, kolam renang, kamar mandi, musholla, tempat charger, disediakan air minum di dispenser, sama ada ruang santai yang sangat luas, udah itu banyak spot kece pula. Pokoknya berenang disini lebih nyaman dan aman hi..hi...hi

Foto : @riyardiarisman

Flora dan Fauna Langka

Sepanjang perjalanan saya pun semangat melihat merak yang sangat cantik, selain itu juga love birds, untuk pohonnya ada duren, jengkol dan lainnya, semua pohon disini diberi pupuk alami dan dibiarkan matang di pohon.

Sebenarnya masih banyak yang bisa di exsplore disini, tapi sayangnya keterbatasan waktu hehe, semoga lain waktu punya kesempatan untuk datang lagi ke Taman Botani Sukorambi wisata alam paling lengkap di Jember agar bisa berkuda, mancing, belanja sayur dan mencoba bermalam di villa. Semoga bermanfaat.

Wisata Alam ke Taman Botani Sukorambi ini masih dalam rangkaian perjalanan Blogger Sueger Camp 2018 bersama Blogger Jember Sueger. Cerita Lengkapnya silahkan meluncur ke Mengenal Lebih Dekat Destinasi Wisata Jember.

Taman Botani Sukorambi 
Jalan mujahir, Sukorambi, Jember- jawa timur 68151
Telephon / wa : 0851 – 0070 – 7600 Fax ; 0331 – 481085
Facebok : taman.botani.sukorambi 
Instagram :  @taman.botani.sukorambi
Email : info@tamanbotanisukorambi.com
website :www.tamanbotanisukorambi. com